Kelompok 7

DESAIN 
Topik : Integrasi E-commerce Market Place (Shopee UTM)

Tahap 1

 1.1 Visi dan Misi
    
 Visi  Online shop UTM  menetapkan diri sebagai online shop di bidang e-commerce guna mempermudah para konsumen berbelanja. Online shop UTM juga menjadi toko yang mampu memberikan kesan puas dan nyaman dihati pelanggannya sehingga konsumen akan berkelanjutan membeli dan menjadi pelanggan setia.

          Misi   : 1. Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama kami

      2.Mempermudah kalangan masyarakat yang mempunyai kesibukan dan

          kegiatan yang banyak sehingga memudahkan mereka untuk berbelanja.

      3. Mampu menyediakan variasi yang selalu mengikuti trend masa kini

      4. Dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, berupa kemudahan

         dalam berbelanja serta kualitas produk dan barang terjamin dengan harga

         komperatif.

      5. Terus mengembangkan jaringan dan relasi untuk menarik konsumen agar

           berminat berbelanja di Online shop UTM.

 

1.2 Metodologi Zachman

Zachman Framework menggambarkan arsitektur organisasi secara umum dan menguraikannya sebagai enterprise system yang kompleks. Zachman Framework merupakan salah satu kerangka kerja yang populer dalam memetakan arsitektur informasi di sebuah organisasi. 

 

 1.3 Integrasi Sistem Market Place Shopee UTM

        Integreasi Sistem Market place Shopee UTM

1. Integrasi Sistem Dengan Nomer Telepone : Saat Melakukan Pembuatan Akun atau                        pendaftaran Di haruskan Mengisi Nomer telepone untuk keperluan Verifikasi data

2. Integrasi Sistem Dengan E-Mail : Saat Melakukan pendaftaran Menggunakan                                Alamat Email Sebagai Username untuk Login Ke Halaman Berikutnya

3. Integrasi Sistem Dengan Basis Data : Semua Data yang di tampilkan atau di                                    Inputkan Ke Sistem akan langsung masuk terintegrasi dengan database

4. Integrasi Dengan Sistem API Google Map : Pada saat pengiriman Lokasi paket akan                      bisa di pantau oleh Pembeli 

5. Integrasi Dengan Rekening / Kartu Kredit : Pembayaran dan pembelian bisa di                              lakukan dengan Rekening


 


Tahap II

2.1 Activity Diagram 



2.2 Use Case

    Pengguna (user) harus daftar (registrasi) terlebih dahulu memasukkan identitas username, nama, email, alamat, dan password. Jika sudah terdaftar menjadi member silahkan login dengan memasukkan username dan password yang sudah terdaftar setelah itu akan masuk pada halaman home aplikasi. Selanjutnya pengguna bisa melihat semua produk yang ada di toko. Kemudian pengguna bila ingin memesan produk/membeli bisa melihat jika pelanggan jadi memesan produk maka harus mengirimkan bukti transfer dari bank. Jika tidak jadi membeli produk pelanggan akan kembali login dan melihat produk lain yang dijual di toko. Cara pemesanan setelah transfer uang ke nomer rekening atm, admin akan mengirim konfirmasi pesanan ke pelanggan. 


Tahap III

3.1 Sistem Informasi System 

        3.1.1 Context Diagram

        3.1.2 DFD Level 0

                    3.1.3 DFD Level 1


3.2 Sistem Informasi Transaksi




Tahap IV

4.1 Arsitektur Data

  4.1.1 Sistem Informasi E-commerce
            1. CRM
            2 CDM



4. 2 Arsitektur Aplikasi 

4.3 Analisis SWOT

        Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats)
                1. Kekuatan
- Jaringan pengiriman luas
- Syarat menjadi merchant mudah
- System payment yang terpercaya
                2. Kelemahan
- Kurangnya promosi website dan produk kepada masyarakat
- Display produk yang kurang menarik
- Jenis pengiriman tidak bervariasi
                3. Peluang
- Bisnis E-commere sedang digemari
- Produk lokal yang berkualitas
- Masyarakat sudah banyak yang mengenal internet
- Banyaknya jumlah UMKM di Inonesia
                4. Ancaman 
- Kompetitor dalam negeri yang menjalani bisnis e-commerce
- Pedagang yang memiliki toko fisik
- Forum jual beli di intenet



Desain Interface 



























 
















Komentar